INVITA

KEGIATAN INVITA SMP LABSCHOOL JAKARTA

Assalamualikum Wr. Wb. Halo, nama saya Saffanah dari kelas 8A, hari ini saya akan menceritakan tentang kegiatan invita. Kegiatan ini diadakan rutin setiap tahunnya oleh SMP Labschool Jakarta untuk siswa siwi kelas delapan. Harusnya jika keadaan normal kami bisa melangsungkan invita secara langsung, tetapi karna keadaanya tidak memungkinkan jadi kami hanya melakukan kegiatan invita secara virtual melalui platform zoom.

Acara ini dibuka dengan sambutan sambutan dari kepala sekolah SMP Labschool Jakarta pada jam 7 pagi.  Setelah itu kita memasuki zoom perangkatan, untuk yang kelas 7 mereka masuk ke zoom Wisata Edukasi, sementara kelas 8 masuk ke zoom Invita. Di zoom masing-masing sudah terdapat tour guide yang akan memandu kami selama invita berlangsung. Tour guide tersebut menunjukan lokasi-lokasi wisata dengan menggunakan google maps.

Pertama kami pergi ke Borobudur. Candi Borobudur merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika sedang berwisata ke Magelang, Yogyakarta. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunia. Berdasarkan prasasti Karangtengah, diperkirakan Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra dan baru diselesaikan putrinya, Ratu Pramudawardhani, pada abad ke-9. Sedikit yang diketahui tentang hal lainnya, termasuk siapa arsitek bangunan yang tersusun dari 2 juta balok (55.000 m3) batuan andesit yang saling mengunci bagaikan sebuah puzzle raksasa ini.

Selanjutnya kami berkunjung ke candi Prambanan. Pemandu wisata menjelaskan asal usul terbangunnya candi Prambanan. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus salah satu candi yang terindah di Asia Tenggara. Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan (pertengahan abad ke-9) dari Kerajaan Mataram Kuno.

Tempat ketiga yang kami kunjungi adalah Sentra Batik Giriloyo. Sentra batik Giriloyo merupakan nama kampung batik tertua di Yogyakarta.

Lanjut kami pergi ke PT Sritex. PT Sritex merupakan pabrik tekstil dan garmen terbesar di Asia Tenggara. Berlokasi di Jalan KH. Samanhudi Nomor 88, Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kelima, kita mengunjungi museum merapi. Menuju ke tempat ini, jalur yang dilalui wisatawan memang tak mudah. Jika tak menyewa jeep, maka pengunjung bisa mengaksesnya dengan motor namun harus memastikan bahwa kondisi motor benar-benar prima. Pasalnya, medan untuk menuju ke tempat ini menanjak dan berpasir. Museum Sisa Hartaku adalah museum milik warga yang mengumpulkan harta-hartanya yang tersisa akibat letusan Gunung Merapi. Berada di sana pengunjung bisa melihat ember, gelas, dan berbagai peralatan rumah yang nyaris meleleh.

Selanjutnya kami berkunjung ke tebing breksi. Sebelumnya tebing ini merupakan area pertambangan. Kalau kita naik ke puncak tebing breksi, kita bisa melihat beberapa pemandangan yaitu candi barong, candi prambanan, candi sojiwan, serta kota Yogyakarta.

Ketujuh, kami mampir ke keraton Yogyakarta. Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang diistimewakan di Indonesia. Karena di kota yang berjuluk Kota Pelajar ini terdapat Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat, yaitu tempat Kesultanan Yogyakarta berada. Sejak Yogyakarta bergabung dengan Negera Kesatuan Republik Indonesia sekitar tahun 1950, Keraton Yogyakarta menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Selanjutnya kami pergi mengunjungi toko bakpia, yaitu Bakpia Phatok 25. Bakpia Pathok 25 dikenal luas sebagai salah satu produk kuliner bercitra rasa istimewa dan menjadi legenda kuliner di kota Jogja. Setiap musim libur tiba, banyak wisatawan berkunjung di toko ini.

Terakhir kita mampir ke toko Gelato. Di Yogyakarta banyak sekali toko gelato. Gelato merupakan es krim asal Italia.

Sekian pengalaman Invita yang dapat saya ceritakan.