Hari Pertama Sekolah Daring

Hari Pertama Sekolah Daring 

Senin, 13 Juli 2020 adalah hari pertama masuk sekolah di semester dan kelas yang baru. Kami, siswa SMP Labschool Jakarta angkatan 28, sekarang sudah naik ke kelas 2 SMP. Tapi, kami tidak belajar dan berkegiatan di sekolah seperti biasanya, melainkan kami belajar 'dalam jaringan' atau yang biasa disebut 'daring' di rumah masing-masing. Kami belajar dari rumah masing-masing dikarenakan oleh adanya pandemi virus COVID-19. 

Karena pandemi COVID-19 ini kita semua belajar kebiasaan yang baru. Mulai dari tidak bertatap muka langsung jika urusan tidak mendesak, memakai masker jika keluar rumah, sering mencuci tangan, menghindari kontak fisik, dan masih banyak kebiasaan baru lainnya.

Sama halnya seperti kami yang memulai kebiasaan baru itu dengan belajar 'daring'. Tidak hanya kami, para siswa, tetapi perubahan juga dirasakan oleh guru dan orangtua. Para guru sangat berusaha semaksimal mungkin agar kami dapat belajar dengan efektif walaupun dari rumah. Orangtua pun kadang juga perlu mendampingi kami dalam belajar 'daring' ini.

Saya dan teman-teman saya masuk ke kelas baru kami di 8A, melalui zoom, dengan Pak Murdha sebagai wali kelas baru kami. Kami mulai memperkenalkan diri kami masing-masing, Pak Murdha juga ikut memperkenalkan dirinya. Pak Murdha juga menyampaikan sepatah dua kata untuk kami. Tak lama kemudian, kami mulai belajar. Karena ada beberapa guru yang belum kami kenal, maka disetiap mata pelajaran kami memperkenalkan diri kami terlebih dahulu, lalu gurunya pun juga memperkenalkan dirinya.

Yang awalnya kami biasanya mengakhiri pelajaran pada jam 15.30, sekarang kami hanya belajar sampai jam 12.00. Kami juga jadi tidak sholat zuhur dan ashar berjamaah seperti biasanya. Di setiap pergantian mata pelajar, kami istirahat sejenak agar mata kami tidah rusak dan untuk menggerakkan badan juga agar postur tubuh kami tidak pegal. setelah beristirahat sebentar kami langsung melanjutkan kegiatan belajar-mengajar.






Walaupun kita dapat melaksanakan kegiatan belajar-mengajar melalui daring, tapi rasanya tidak terlalu seru dan seperti ada yang kurang karena kita tidak dapat bertemu langsung. Kadang juga ada beberapa gangguan jaringan sehingga kita tidak dapat belajar secara efektif dar rumah. 

Setelah melakukan sekolah daring, saya langsung beres-beres dan tidur siang untuk meng-istirahatkan mata saya. 

Sekian kegiatan hari pertama sekolah di kelas 8 melalui daring. Semoga pandemi COVID-19 cepat berakhir, dan keadaan kembali normal sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dengan bertemu langsung seperti biasanya.

Saffanah Zahra Achmad,
Kelas 8A SMP Labschool Jakarta

Komentar

  1. pengalaman yang sangat berkesan di hari pertama sekolah online, semoga wabah corona ini segera sirna, sehingga kita bisa kembali ke kelas nyata di sekolah labschool jakarta

    BalasHapus
  2. bagus sap blognya, semoga pandemi cepat berakhir ntaps

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN AKHIR BAB 4 INFORMATIKA

LATIHAN AKHIR BAB 1 INFORMATIKA

LATIHAN AKHIR BAB 3 INFORMATIKA