KEGIATAN MAULID, LOKETA, DAN BULBA

KEGIATAN MAULID, LOKETA, dan BULBA

Assalamualaikum wr.wb. Halo semua!!! Kenalkan nama saya Saffanah Zahra Achmad dari kelas 8A SMP Labschool Jakarta. Di blog kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya mengikuti kegiatan maulid, loketa, dan bulan bahasa (bulba). Kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW, loketa, dan bulan bahasa ini rutin diadakan oleh SMP Labschool Jakarta setiap tahunnya. Siswa-siswi kelas 7, 8, dan 9 SMP Labschool Jakarta wajib berpartisipasi dalam kegiatan ini. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin, 26 Oktober 2020 dari jam 06.45 pagi hingga sekitar jam 12.00 siang. Kegiatan ini berjalan melalui zoom meetings dikarenakan kondisi sekarang yang tidak memungkinkan kita untuk bertatap muka langsung. 

Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu loketa dan bulba. Loketa adalah singkatan dari 'Lomba Keterampilan Agama'. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi. Di Loketa ini ada beberapa lomba yang dilombakan yaitu, kaligrafi indah, menulis komik strip dengan tema, adzan, da'i dan da'iyah, MTQ, dan tahfidz. Sedangkan bulba adalah singkatan dari 'Bulan Bahasa'. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Di Bulba ini juga ada beberapa lomba yang dilombakan yaitu, debat, puisi, fotu, e-poster, cerpen, dan pidato. Lomba-lomba ini wajib diikuti oleh beberapa orang untuk perwakilan kelasnya masing-masing. Jadi ada sekitar 16 orang yang mewakili kelasnya masing-masing untuk 12 cabang lomba. Lomba ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa-siswi SMP Labschool Jakarta dalm bidang yang diminati masing-masing. 
Acara ini dibuka dengan pembukaan yang disampaikan oleh MC OSIS Gadhiwara. Lalu dilanjutkan dengan tilawah dan saritilawah dari ROHIS Amin, disambung dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua POMG yaitu, dr. Deny Aryasari. Dilanjut dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMP Labschool Jakart yaitu,  Drs. Asdi Wiharto. Sabutan yang terakhir disampaikan oleh Kepala BPS yaitu, Prof. Dr, Sofyan Hanif, M.Pd. Setelah penyampaian sambutan-sambutan, acara disambung dengan Ceramah Maulid Nabi yang dibawakan oleh Ustad Usaid Fatahurrahman. Cermah berlangsung dari jam 07.20 hingga 08.20.



Ceramah yang dibawakan oleh Ustad Usaid Fatahurrahman sangat seru dan menarik. Beliau menyampaikan apa saja amalan-amalan yang sederhana tetapi kita akan mendapat balasan yang berkali-kali lipat. Ustad Usaid juga mengajak kita untuk berinteraksi melalui kolom komentar sehingga acaranya menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Selesainya ceramah yang disampaikan Ustad Usaid Fatahurrahman mendadakan bahwa acara Maulid Nabi Muhammad SAW sudai selesai. 

Setelah acara Maulid Nabi Muhammad SAW selesai, kami beristirahat sejenak selama 30 menit. Selepas istirahat dimulailah acara selanjutnya yaitu, loketa dan bulan bahasa. Siswa-siswi yang mengikuti lomba memasuki zoom meetings sesuai dengan lombanya masing-masing. Setelah siswa-siswi memasuki zoom meetings lomba masing-masing, OSIS yang bertanggung jawab di masing-masing lomba akan membacakan aturan tata tertib selama mengikuti lomba. Lomba-lomba tersebut juga diawasi oleh OSIS dan MPK yang bertugas. Sedangkan yang tidak mengikuti lomba dapat menjadi suporter. Suporter lomba dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai absen, misalnya absen 1-3 menjadi suporter dilomba adzan dan seterusnya. Lomba-lomba berlangsung dengan lancar dan seru. Walaupun ada sedikit kendala tetapi OSIS Gadhiwara dapat mengatasinya dengan baik. Pemenang-pemenang lomba akan diumumkan seminggu kemudian.



Video diatas adalah video dari salah satu lomba yang diadakan yaitu, lomba debat. Lomba debat tersebut hampir disaksikan oleh seluruh siswa-siswi SMP Labschool Jakarta beserta para guru. Lomba debat berlangsung dengan seru walaupun sengit. Setelah lomba debat selesai berarti berakhir pula acara hari ini. Setelah beberapa patah kata penutup acara pun selesai dan kami diizinkan untuk leave zoom meetings dan meng istirahatkan mata. 

Sekian cerita pengalaman mengikuti acara maulid, loketa, dan bulba dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum wr.wb.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN AKHIR BAB 4 INFORMATIKA

LATIHAN AKHIR BAB 3 INFORMATIKA

LATIHAN AKHIR BAB 1 INFORMATIKA