PENGALAMAN DIGITAL LABS 2020

PENGALAMAN DIGITAL LABS 2020 

Assalamualaikum  wr.wb. Hai Semua!!! Nama saya Saffanah Zahra Achmad dari kelas 8A absen 29. Di blog saya yang kali ini, saya akan bercerita tentang pengalaman saya dalam mengikuti Ceramah Umum, Dialog Interaktif, dan Digital Labs yang diselenggarakan oleh SMP Labschool Jakarta pada hari Selasa, 29 September 2020 lalu. Acara ini dimulai pukul 07.00 pagi dan selesai pukul 12.00 siang. Acara ini rutin diadakan setahun sekali oleh SMP Labschool Jakarta untuk siswa-siswi kelas 7, 8, dan 9. Karena kita sedang dalam pandemi COVID-19, kita melasanakan kegiatan ini melalui aplikasi zoom meetings.

Untuk memulai acara ini, pertama-tama ada sambutan dari Ketua POMG, yaitu dr. Deny Aryasari,M.kes. Lalu disambung sambutan dari Kepala Sekolah SMP Labschool Jakarta, yaitu Drs. Asdi Wiharto. Dan sambutan yang terakhir dibawakan oleh Kepala BPS Laboratorium UNJ, yaitu Prof.Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd. Setelah sambutan-sambutan, kami lanjut ke acara yang berikutnya yaitu, Ceramah Umum dan Dialog Interaktif. kami dipisahkan ke 3 ruangan zoom sesuai dengan angkatan.

Pada acara Ceramah Umum untuk kelas 8 tahun ini, SMP Labschool Jakarta mengangkat tema 'Bijaksana Berselancar Internet di Masa Pandemi Covid-19'. Ceramah Umum ini dibawakan oleh kak Firman Ramdhani, M.Psi, Psikolog. Di sini kami diajarkan bagaimana caranya agar kita bisa berselancar di internet secara efektif dan bijaksana. Materi yang dibawakan oleh kak Firman ini sangat seru dan bermanfaat, sehingga materinya mudah untuk dicerna. Setelah Cermah Umum dan Dialog Interaktifnya selesai, kami dipersilahkan untuk istirahat selama 30 menit dari jam 09.30 sampai jam 10.00.


Setelah waktu istirahat habis, kami melanjutkan ke acar berikutnya yaitu, Digital labs. Di tahun ini Digital Labs mengusung tema 'Teen & Tech: Navigating Digital Landscape'. Acara ini dipandu oleh kak Chini Rahmanto dan di moderatori oleh Ibu Siti Nur Azizah. Materi Digital Labs yang pertama dibawakan oleh Ibu Ninin Musa.Beliau adalah seorang produser film. Ibu Ninin Musa menceritakan kepada kami pengalaman dan suka duka selama beliau bekerja, Ibu Ninin juga mengajarkan kami bagaimana cara agar bisa memproduksi suatu film atau iklan komersial di televisi. Setelah beliau memberikan materinya kepada kami, kami dipersilahkan jika ada yang mau bertanya kepada Ibu Ninin seputar produksi film. Banyak siswa dan siswi yang ingin bertanya, sayangnya waktunya terbatas sehingga hanya beberapa pertanyaan saja yang dapat terjawab. Materi yang dibawakan oleh Ibu Ninin sangat seru, menginspirasi, dan memotivasi kami untuk bisa menjadi seperti beliau. 

materi yang kedua dibawakan oleh Bapak Deswara Aulia. Beliau adalah seorang praktisi online media dan marketing. Beliau memiliki banyak pengalaman dalam bekerja, salah satunya adalah menjadi CO-Founder dan Executive Producer, Dementia Animation. materi yang dibawakan oleh Bapak Deswara ini adalah materi seputar teknologi CGI (Computer Graphic Image). Beliau menceritakan juga bagaimana pengalamannya dalam bekerja selama ini. Materi yang dibawakan oleh Bapak Deswara ini juga tidak kalah seru dibanding dengan materi Bu Ninin. Setelah Bapak Deswara selesai menyampaikan materinya,  ada sesi tanya jawab lagi. Tetapi karena waktu yang terbatas tidak semua pertanyaan dapat terjawab. 



Saya sangat suka dengan materi-materi yang diberikan saat Digital Labs kemarin, karena materinya sangat bermanfaat. Materinya membahas tentang teknologi dimana saat ini sedang pandemi COVID-19 dimana orang-orang dipaksa untuk bisa memakai teknologi agar bisa bertahan di masa-masa ini. Jadi materinya sangat berhubungan dengan kondisi yang sedang kita lalui ini.

Sekian yang saya dapat sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya mohon maaf. 

Wassalamualaikum wr.wb.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN AKHIR BAB 4 INFORMATIKA

LATIHAN AKHIR BAB 1 INFORMATIKA

LATIHAN AKHIR BAB 3 INFORMATIKA