RANGKUMAN MATERI BAB 4 BUKU INFORMATIKA


Nama: Saffanah Zahra Achmad

Kelas: 8A/29

RANGKUMAN BAB 4



 1. Salah satu bentuk pola adalah pola fraktal yang menggunakan pengulangan dimensi, iterasi, dan pecahan, serta dapat digunakan untuk pola batik.

2. Kita dapat menggunakan Scratch untuk menyelesaikan persoalan lingkaran dan menggambarkan lingkaran dan juringnya menggunakan pergerakan Sprite.

3. Obstacle avoiding robot menggunakan sensor ultrasonik sebagai input serta pergerakan motor sebagai output.

4. Line follower robot dan maze solver robot menggunakan sensor cahaya sebagai input dan pergerakan motor sebagai output.

5. Kita dapat menggunakan Scratch untuk membangun program untuk kalkulator BMI.

6. Persoalan garis singgung lingkaran dapat diselesaikan dengan membangun model komputasional menggunakan Scratch.

7. Ada banyak persoalan dalam berbagai bidang kehidupan manusia yang dapat diselesaikan dengan memanfaatkan berbagai jenis robot.

8. Teknologi yang sangat canggih di jaman sekarang dapat memberikan berbagai keuntungan di dunia, namun bukan artinya tidak memberikan kerugian juga. Salah satu contohnya adalah penggunaan transportasi konvensional menjadi berkurang akibat transportasi online yang lebih pasti harga dan layanannya, serta tempat-tempat seperti mal dan toko menjadi sepi akibat para pembeli pindah ke belanja online. Karena itu, kita harus melatihkan diri untuk berpikir jeli dalam mengamati perkembangan teknologi.

9. Scratch merupakan program atau aplikasi yang sangat bagus untuk digunakan para programmer pemula, yang ingin belajar pemrograman, dan bahkan programmer jago pun. Scratch dapat digunakan dan diaplikasikan pada berbagai macam pemrograman, seperti menghitung luas lingkaran, menggambar lingkaran, menghitung berat badan, dan bahkan memrogram robot.

10. Sesulit-sulitnya sebuah persoalan dalam pemrograman, semua itu dapat diselesaikan dan dipecahkan atas teknik dasar dan pemikiran computational thinking.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN AKHIR BAB 4 INFORMATIKA

LATIHAN AKHIR BAB 1 INFORMATIKA

LATIHAN AKHIR BAB 3 INFORMATIKA